Selasa, 06 Agustus 2019

ARTI PRAMUKA

Pramuka...
Kata-kata yang sering kita dengar tapi hanya sedikit yang tahu apa itu Pramuka. Maka kali ini Sahabat Tunas akan membagi pengetahuan bersama pembaca. Apabila iingin menambahkan, siahkan isi di kolom komentar. Salam Pramuka.




Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana
Praja artinya Rakyat
Muda artinya Orang yang berusia masih produktif (usia antara 7 - 40 tahun)
Karana artinya Bergiat atau Berkarya


Jadi Pramuka secara bahasa bisa diartikan Rakyat berjiwa Muda yang gemar Bergiat atau Berkarya. Sebenarnya kata Pramuka sendiri dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang mana pada waktu itu disebut "POROMUKO" yang memiliki arti barisan terdepan dalam peperangan.


Pramuka sendiri merupakan julukan bagi semua anggota Gerakan Pramuka Indonesia yang meliputi 5 Tingkatan, yakni
1.   Pramuka Siaga (Usia 7-10 tahun)
2.   Pramuka Penggalang (Usia 11-15 tahun)
3.   Pramuka Penegak (Usia 16-20 tahun)
4.   Pramuka Pandega (Usia 21-25 tahun)
5.   Pramuka Dewasa (Usia 26 tahun keatas)

Sebenarnya banyak sekali tafsiran tentang arti kata Pramuka, tapi kita dapat merujuk pada 2 sumber yang dapat dipertanggungjawabkan

1.   Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2014, pengertian pramuka adalah proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, di bawah tanggung jawab anggota dewasa, yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu.


2.   Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian pramuka adalah organisasi untuk generasi muda yang mendidik para anggotanya dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong, dan lain sebagainya.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. 
Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.



Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan (kepramukaan) di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar